Header Ads

Breaking News

Memeriksa Starter Motor Yang Mati

Anda mungkin sudah nyaman menghidupkan mesin motor dengan cara menekan tombol starter. Memang mudah dan cukup praktis, namun bagaimana jadinya kalau starter motor anda mati? Terbayang pasti repot apalagi jika buru-buru untuk berangkat ke suatu tempat. Semakin repot kalau harus nyelah motor matic, karena posisinya ada di sebelah kiri. Anda harus turun terlebih dahulu kemudian menggunakan standar ganda agar lebih mudah nyelah motornya.
Memeriksa Starter Motor Yang Mati
Memeriksa Starter Motor Yang Mati
Ketika starter motor anda mati, apa yang biasa anda lakukan? Ya, pasti memeriksa beberapa bagian dan memperbaikinya sebisa mungkin. Bagi yang belum mengetahui bagian yang harus diperiksa, simaklah penjelasannya di bawah ini.

• Periksa Daya Aki
Untuk mengetahui daya aki, putar kunci kontak pada posisi ON. Selanjutnya lihat speedometer, disana anda akan menemukan lampu nyala atau tidak. Coba juga membunyikan klakson, jika klakson tidak nyala, maka cek sekring aki-nya. 

• Periksa switch tombol starter
Jika kondisi aki, sekring dan kabel aki masih bagus, langkah kedua adalah memeriksa switch tombol starter. Buka socket tombol starter kemudian coba sambungkan kedua kabel tersebut. Jika starter motor hidup maka itu tandanya tombol switch rusak.

• Periksa arus yang otomatis
Jika starter motor mati, coba periksa arus kabel ke otomatis/bendik. Jika pada bendi terdapat bunyi “klek” ketika tombol starter ditekan maka anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

• Periksa kul starter
Jika bendik berbunyi klek saat tombol starter ditekan, maka kemungkinan kul starter habis. Coba cabut terlebih dahul kabel setrum yang menuju ke dinamo starter. Kemudian coba tombol starter ditekan sambil menggesekan kabel tersebut ke mesin, jika terdapat percikan maka starter tersebut mati.

• Buka starter dang anti kul-nya
Langkah terakhir memeriksa dan memperbaiki starter motor adalah dengan cara membuka starter dan mengganti kul-nya. Jika sudah diganti masih mati, mungkin lilitannya bermasalah. Anda bisa mengganti motor starternya atau membawanya ke tukang dinamo untuk dililit ulang.

Permasalahan starter motor yang mati ini memang sederhana tapi cukup merepotkan juga. Oleh karena itu, rawatlah motor anda dengan telaten dan ketahui juga cara mencegah starter mati. Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar