Header Ads

Breaking News

Persiapan Sebelum Merenovasi Rumah Besar-Besaran

Rumah yang anda tempati selama bertahun-tahun mungkin memerlukan renovasi untuk mengubah tampilannya. Apalagi rumah yang anda miliki merupakan rumah bekas orang lain, tentunya ada beberapa bagian yang tidak sesuai dengan selera anda. Hal tersebut biasanya menjadi salah satu alasan mengapa renovasi rumah dilakukan. Apalagi Rumah KPR Bersubsidi seringkali membutuhkan renovasi sebelum anda benar-benar tinggal disana. 

Kebanyakan orang sering mandeg dengan masalah klasik yang bernama budget. Ya, budget yang pas-pasan tidak akan merealisasikan mimpi atau selera Rumah yang anda inginkan. Budget renovasi memang penting, karena menurut pengalaman orang lain, banyak pengeluaran tidak terduga saat merenovasi rumah. 
Persiapan Sebelum Merenovasi Rumah Besar-Besaran
Ilustrasi Persiapan Sebelum Merenovasi Rumah Besar-Besaran
Sebelum merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli segala material, terlebih dahulu hitung biaya yang dibutuhkan. Periksa juga bagian rumah mana yang akan direnovasi. Merenovasi rumah besar-besaran berarti total seluruh bagian rumah diperbaiki, sehingga mungkin lebih mudah dalam perhitungannya. Tekan seminimal mungkin biaya yang tidak masuk rencana agar anggaran yang dibutuhkan tidak membengkak karena salah perhitungan. 

Carilah tukang yang professional dan recommended untuk menciptakan rumah idaman. Kekhawatiran sering muncul saat menyewa tukang karena sering terjadinya kerjaan dibuat molor terutama jika upahnya dibayar harian. Mintai pendapat teman yang pernah merenovasi rumah untuk mendapatkan jasa tukang yang recommended. Mungkin kontraktor borongan bisa lebih cepat selesai dan menekan biaya, karena mereka dibayar per paket kerja, bukan per hari. 

Jangan dilupakan, sebelum merenovasi rumah, anda harus menyiapkan rumah tinggal sementara. Renovasi rumah besar-besaran akan mengganggu kenyamanan istirahat dan beraktivitas anda selama di Rumah. Oleh karena itu pikirkan juga tempat tinggal selama rumah direnovasi. Sebaiknya anda mencari kontrakan bulanan yang terjangkau dan dekat dengan rumah yang sedang direnovasi. Hal ini dimaksudkan agar mudah mengontol kinerja para tukang. 

Renovasi Rumah Besar-besaran memang bukan perkara yang sepele, selain biaya yang perlu dipersiapkan, anda juga harus siap fisik dan mental. Mengecek progress renovasi, membeli kebutuhan material dan menyiapkan makanan untuk para tukang membutuhkan fisik yang cukup kuat. Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar