Header Ads

Breaking News

4 Hal Penting yang Tak Boleh Dilakukan Saat Mengisi BBM pada Mobil

Aktivitas mengisi BBM pasti pernah dilakukan oleh semua pengemudi mobil. Tetapi mengisi BBM memang bukan sekadar membayar ongkos bensin. Banyak hal yang mesti kita perhatikan untuk mendukung keamanan selama proses mengisi BBM.

Punya asuransi mobil all risk saja tak cukup untuk mendukung keamanan diri sendiri dan mobil kesayangan. Karena asuransi mobil all risk tepat tidak akan memberikan proteksi akibat kesalahan yang dilakukan pengemudi. Jadi, jangan lupa memperhatikan 4 hal penting ini saat mengisi BBM pada mobil kesayangan:
4 Hal Penting yang Tak Boleh Dilakukan Saat Mengisi BBM pada Mobil
Mengisi BBM pada Mobil
Jangan Menyalakan Mesin Mobil
Menyalakan mesin mobil kerap dianggap sebagai hal sepele oleh para pengendara mobil. Padahal sebenarnya hal ini justru berpotensi menimbulkan kebakaran. Aliran listrik yang terjadi pada mobil yang dinyalakan dapat menghasilkan percikan api yang menyulut BBM. Hal inilah yang akhirnya sering menimbulkan kebakaran besar di SPBU.

Menunda Penggunaan Ponsel
Tak sedikit orang yang ragu kalau penggunaan ponsel juga bisa memicu percikan api. Namun hal ini tetap mesti diperhatikan supaya tidak berisiko menimbulkan kebakaran. Alangkah lebih baik bila kita menunda penggunaan ponsel dan mematikannya sejenak saat berada di SPBU. Dengan demikian, risiko kecelakaan akibat percikan api pun bisa diminimalkan.

Tak Perlu Mengisi BBM Terlalu Penuh
Tangki bahan bakar pada mobil ternyata sebaiknya tidak diisi terlalu penuh. Karena BBM yang ada di dalamnya butuh ruang yang cukup agar tak menimbulkan endapan. Penelitian membuktikan kalau mengisi BBM terlalu penuh sama buruknya dengan membiarkan tangki bahan bakar benar-benar kosong. Jadi, hindari hal ini agar tidak mempercepat kerusakan mobil.

Jangan Mengisi Baterai Ponsel di Mobil
Sumber power output untuk mengisi baterai ponsel di mobil berasal dari pemantik api. Kalau pemantik api berada dalam kondisi aktif, risiko kebakaran pun jadi semakin besar. Solusi terbaik untuk mencegahnya adalah menghentikan pengisian baterai ponsel untuk sementara waktu hingga pengisian BBM selesai.

Bertindak bijak sebagai pengendara mobil akan membuat kita terhindar dari risiko kecelakaan dan hal-hal yang tak diinginkan. Mengisi BBM pun tak akan membuat kita khawatir dengan kondisi mobil dan diri sendiri.

Tidak ada komentar